3 Calon Ibukota Baru Indonesia

   Wacana pemindahan ibu kota ini semakin ramai. Publik banyak yang bertanya tanya provinsi manakah yang akan menjadi ibu kota baru bagi Indonesia. Berikut ulasannya.
   Pada hari Kamis 13 Juni 2017 lalu Presiden RI Jokowi menyebut ada 3 kota yang akan menjadi ibu kota baru. Namun ia enggan membeberkan 3 provinsi yang akan menjadi ibu kota tersebut. Karena takut harga tanah akan melonjak naik. Tetapi Menteri PUPR mengatakan "Ada Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur. Tapi bukan di Palangkaraya".
   Di Kalimantan Selatan kota terkenal nya adalah Banjarmasin. Kota ini cukup layak dipertimbangkan untuk dijadikan ibu kota negara karena infrastrukturnya yang memadai. 


   Sementara di Kalimantan Tengah ibukota nya adalah Palangkaraya. Sebelumnya juga Palangkaraya disebutkan akan menjadi ibukota baru. Menurut beberapa kajian, Palangkaraya adalah kota yang ideal, karena lahan yang luas serta aman dari bencana seperti gemda dan tsunami. Namun PUPR membantah jika Palangkaraya akan menjadi ibu kota.


   Di Kalimantan Timur ada 2 kota besar yaitu Samarinda dan Balikpapan. Sebetulnya, Balikpapan baru diusulkan menjadi ibu kota oleh gubernur Kalimantan Timur kepada Presiden Jokowi. Bahkan ia siap jika salah satu kotanya akan dijadikan ibu kota baru oleh Bapak Presiden.



   Bertentangan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, menurutnya Mamuju lah kota yang tepat untuk dijadikan ibu kota. Karena kota ini terletak di tengah tengah wilayah Indonesia. 


   Namun, pemindahan ibu kota tersebut masih dalam kajian.
 

Comments