Kisah Perjalanan Hidup Moh.Hatta

   Setelah sebelumnya saya mengulas tentang Soekarno, sekarang saya ingin mengulas perjalanan hidup Moh.Hatta.


   Pria yang bernama lengkap Mohammad Hatta ini lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Ia adalah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia. Ia mempunya ayah yang bernama Muhammad Djamil dan ibunya bernama Siti Saleha. 
   Terlahir dari keluarga ulama, Mohammad Hatta adalah orang yang religius. Ia mulai belajar politik pada awal masuk sebuah organisasi yang bernama Perhimpunan Indonesia.  
   Bersama rekannya Soekarno, Hatta mempunyai peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia dan penjajahan dari Jepang. Selain menjabat sebagai wakil presiden, Hatta pernah menjabat sebagai perdana mentri dalam kabinet Hatta 1 dan 2. 
   Setelah kemerdekaan Indonesia tiba, Hatta menikah dengan Rami Rahim. Setelah menikah, Hatta dikaruniai 3 orang putri yang bernama Meutia Hatta, Gemala Hatta, dan Halida Hatta. 
   Bung Hatta sering berpidato tentang koperasi dan membuat banyak buku tentang koperasi. Oleh karena itu ia disebut sebagai bapak koperasi Indonesia. 
   Pada tahun 1956 Hatta mundur dari jabatannya sebagai wakil presiden Indonesia karena ada hal hal yang sudah tidak sesuai dengan idealisme nya. 
   Di masa tua nya, ia memilih lebih sering membaca, menulis, dan mengisi ceramah ceramah tentang pendidikan. Sesuai dengan wasiatnya, ketika ia meninggal ia dikuburkan dekat dengan makam makam rakyat nya. 

   Perjuangannya terhadap kemerdekaan bangsa tidak hanya diakui dalam negeri tetapi luar negeri juga. Bahkan nama nya dijadikan sebuah nama jalan di Belanda. 

Comments