5 Gunung Tertinggi Di Jawa

5 Gunung Tertinggi Di Jawa


          Gunung merupakan aset yang sangat berharga. Gunung merupakan sumber yang mempunyai banyak sekali keistimewaan. Gunung merupakan bentuk permukaan bumi yang berupa tonjolan besar. 


1. Gunung Argapuro
          




Gunung Argopuro merupakan bagian dari pegunungan Iyang yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Gunung Argopuro mempunyai ketinggian hingga mencapai 3.088 mdpl.
          Gunung Argopuro merupakan gunung yang berada di beberapa Kabupaten, diantaranya Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, serta Kabupaten Situbondo. Gunung Argopuro ini mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

2. Gunung Merbabu



          Gunung Merbabu merupakan sebuah gunung yang secara geografisnya berada di 7,5° LS dan 110,4° BT. Sedangkan secara administratif Gunung Merbabu berada di wilayah Kabupaten Magelang (lereng sebelah barat), Kabupaten Boyolali (lereng sebelah timur dan selatan), Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara. Ketinggian Gunung Merbabu ini mencapai 3.145 mdpl.
          Gunung Merbabu ini pernah mengalami letusan pada tahun 1560 dan 1797. Tetapi, sekarang ini gunung Merbabu dikenal sebagai gunung api yang mati.

3. Gunung Sindoro
  



          Gunung Sindoro  adalah sebuah gunung api yang sampai sekarang masih aktif yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di dekat Kabupaten Temanggung dan juga Wonosobo. Ketinggian gunung Sindoro ini mencapai 3.150 mdpl.
             Di sebelah barat laut ke selatan sisi gunung, kita dapat menjumpai sebuah kawah. Kawah yang terbesar dikenal dengan naman Kembang. Di Puncak gunung Sindoro ini kita temukan sebuah kubah lava kecil. 

4. Gunung Welirang
   



          Gunung Welirang ini merupakan gunung yang berada di provinsi Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto. 
          Di lereng gunung Welirang ini banyak ditumbuhi oleh tetumbuhan kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dn Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Di sekitaran puncak gunung Welirang ini kita dapat menemukan tumbuhan endemik yang dinamakan oleh penduduk sekitar sebagai manis rejo. Gunung Welirang ini mempunyai ketinggian hingga 3.156 mdpl. Jalur pendakian dapat dilakukan melewati Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. 

5. Gunung Lawu


          Gunung Lawu merupakan gunung yang gagah berdiri karena ketinggiannya mencapai 3.265 mdpl. Di lereng Gunung Lawu ini dapat kita jumpai kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air atau fumarol dan juga belerang atau solfatara.
           Gunung Lawu ini mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericacoeus. Gunung Lawu memiliki 3 puncak, yakni Puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling serta Puncak Hargo Dumilah.
          Di lereng- lereng Gunung Lawu ini terdapat sejumlah tempat yang sangat terkenal sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu dan juga Sarangan. Menurun agak ke bawah sedikit, di sisi barat terdapat dua komplek candi dari masa akhir Kerajaan Majapahit yakni Candi Sukuh dan Candi Cetho. Selain candi, juga terdapat komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran yakni Astana Girilayu dan Astana Mangadeg. Selain dua komplek makam tersebut, ada pula komplek makam lain yang berada di dekatnya yakni Astana Giribangun yang merupakan makam untuk keluarga Cendana yakni keluarga Soeharto.

Comments